FIZA TOUR DAN TRAVEL

Sapu Jagat Penumpang Delay Minangkabau, Garuda Akan Pakai Airbus 330

MedanBisnis - Jakarta. Empat penerbangan Garuda Indonesia yang menuju Jakarta mengalami gangguan jadwal penerbangan dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, hari ini. Rencananya, Garuda akan mengoperasikan pesawat Airbus berbadan besar untuk mengangkut para penumpang yang tertunda keberangkatannya. 
"Maka besok Garuda akan mengoperasikan Airbus 330 yang bisa menampung 300 penumpang. Kita akan operasikan dua kali dari Padang ke Jakarta. Jadi kayak sapu jagat kita," kata Vice President Corporate Communication Garuda, Pujobroto, kepada detikcom, Jumat (28/2/2014). Pujo menyampaikan, pengoperasian Airbus berbadan besar itu akan dilakukan esok hari (1/3) jika kondisi cuaca memungkinkan. Seperti diketahui, aktifitas penerbangan dari Bandara Minangkabau terkendala akibat asap kebakaran lahan gambut dari Riau. "Penerbangan dari Padang tujuan Jakarta tidak bisa diberangkatkan. Ada delapan penerbangan, dari pukul 10.00 WIB pagi tadi, yaitu GA 162, hingga penerbangan pukul 19.10 WIB tadi, yaitu GA 168, tidak bisa diberangkatkan. Dari Padang ke Jakarta ada empat penerbangan, dan dari Jakarta ke Padang ada empat penerbangan," papar Pujobroto. 



Penerbangan hari ini tidak bisa beroperasi lantaran jarak pandang minimal tidak tercapai. Pesawat memerlukan jarak pandang sekitar 1.600 hingga 2.000 meter. Namun hari ini jarak padang di Bandara Minangkabau hanya 700 meter. "Kita cek, kalau kondisi besok memungkinkan, kita akan operasikan pesawat berbadan besar," tandas Pujo. (dtc)